Apa Yang di Maksud Dengan Uang Fiat?

Uang Fiat sering kita dengar pada sebuah forum Crypto Currency seperti di bitcointalk.org , doges.org , cryptocointalk.com dan forum-forum yang sering membahas mengenai mata uang kripto , atau kita juga pernah mendengar pada chating crypto market. Apa bila kita sedang melakukan chat dengan seseorang dan membaca tulisan "Uang Fiat" atau Fiat money , tentu membuat kita penasaran.


Uang fiat Adalah selembar Kertas Yang tidak berharga


Nah, Untuk menjawab rasa penasaran yang anda miliki , bitcarabitcoin.blogspot.com mencoba berbagi dengan anda , pada posting ini akan membahas apa yang di maksud dengan uang Fiat atau fiat money. Apabila Anda sudah mengetahui lebih jelas tentang uang fiat silahkan skip saja posting ini :) . jika anda belum paham istilah Fiat money silahkan terus membaca , uraian dalam posting kali ini hingga akhir.


Apa Itu Uang Fiat ?


Uang Fiat adalah sebuah Selembar kertas yang tidak berharga dan ia mendapatkan nilai oleh peraturan pemerintah yang menyelenggarakan sebuah Negara atau nilai kertas tersebut di tentukan oleh undang-undang perbankan sebuah Negara. Istilah Mata uang fiat digunakan ketika selembar kertas yang tidak berharga tersebut di cetak sedemikian rupa diberi angka nominal , kemudian di tetapkan , di sahkan serta digunakan sebagai mata uang utama sebuah Negara.

Sejarah Uang Fiat


Menurut sejarah uang Fiat pertama kali diperkenalkan serta digunakan di daratan Cina sekitar seribu tahun yang lalu . Uang Fiat kemudian menyebar ke seluruh belahan negara-negar di dunia , bersamaan dengan mata uang yang didukung oleh logam , terutama emas dan perak. Tetapi Setelah peristiwa Perang Dunia ke II , kesepakatan Bretton Woods membuat sebuah sistem di seluruh dunia dari mata uang yang dipatok terhadap Uang dollar AS (USD) , sementara dolar AS itu sendiri dipatok dengan cadangan emas . The Nixon Shock 1971 mengakhiri konvertibilitas dolar Amerika Serikat untuk emas . Sejak saat itu, semua mata uang cadangan adalah mata uang fiat , termasuk dolar AS dan Euro.

Definisi Uang Fiat


Mata Uang Fiat telah dinyatakan sebagai alat pembayaran yang sah pada suatu Negara, tetapi tidak didukung oleh komoditas fisik . Nilai uang fiat berasal dari hubungan antara penawaran dan permintaan daripada nilai materi uang dibuat. Secara historis , sebagian besar mata uang di seluruh dunia didasarkan pada komoditas fisik seperti emas atau perak , Akan tapi uang fiat sebenarnya hanya didasarkan pada Kepercayaan akan nilai sebuah selembar kertas .

Karena uang fiat tidak terkait dengan cadangan fisik seperti emas dan Perak, risiko selembar kertas menjadi tidak berharga karena hiperinflasi . Jika orang kehilangan kepercayaan pada nilai mata uang kertas suatu negara , Seperti Uang Kertas Rupiah, uang tidak akan lagi memegang nilai apapun.

Apakah benar Uang Fiat memiliki Cadangan Emas?

Sebagian besar mata uang kertas modern adalah mata uang fiat , ia tidak memiliki nilai intrinsik dan digunakan semata-mata sebagai alat pembayaran yang disahkan oleh sebuah negara . Secara historis , pemerintah memiliki cadangan komoditas fisik seperti emas dan perak , kemudian mencetak uang kertas yang dapat ditebus untuk menetapkan jumlah cadangan komoditas fisik. Tetapi fakta yang terjadi adalah tidak seperti itu!.

Nah , demikian uraian tentang Istilah Uang Fiat yang telah dihimpun dari :

http://en.wikipedia.org/wiki/Fiat_money
http://www.investopedia.com/terms/f/fiatmoney.asp
http://dailyreckoning.com/fiat-currency/
http://www.businessdictionary.com/definition/fiat-currency.html

Semoga posting ini membawa manfaat serta pengetahuan kita bersama , salam Kripto! :)
Share on : Twitter | Facebook | Google +

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Advertisement

Powered by Blogger.

Blog Archive