Istilah Hardfork Yang Di Maksud Pada Crypto Coin

Hardfork! , sebuah istilah yang mungkin sering kita dengar pada beberapa perbincangan di dunia crypto, Hardfork atau dalam bahasa indonesia memiliki arti Garpu keras. tentu dengan sebutan kalimat tersebut akan membuat kita sedikit bingung , pengalaman saya pribadi waktu pertama kali mendengar istilah Hardfork pada forum bitcointalk.

Apa yang dimaksud dengan Hardfork?
Garpu Metal - Img Credit forum.feathercoin.com

Ketika orang berbicara tentang kemungkinan perubahan bagaimana agar Bitcoin , dogecoin, Litecoin , Bitcoin scrypt dan beberapa coin yang lainnya bekerja lebih baik kadang-kadang mereka mengatakan perubahan tertentu akan membutuhkan hardfork. Apa yang di maksud Hardfork sebenarnya? mungkinkah sebuah Garpu Keras (hardfork) akan menimbulkan masalah untuk kinerja sebuah Crypto Coin?.

Nah , untuk menjawab rasa penasaran anda untuk posting kali ini Bitcarabitcoin.blogspot.com akan membahas mengenai istilah yang sering di sebut sebagai Hardfork. Meskipun pada garis besarnya penyampaian ini kurang detail , mungkin memberi sedikit pemahaman untuk kita semua mengenai istilah yang sering kita dengar di forum Crypto.


Apa Itu Hardfork?


Dalam istilah Sederhananya, yang disebut sebagai Garpu keras atau hardfork adalah suatu perubahan  protokol dari sebuah Crypto Coin seperti Bitcoin , Dogecoin, Litecoin , Bitcoin scrypt dll yang tidak kompatibel kebelakang ( tidak singkron dengan protokol sebelumnya) . Atau bisa juga di artikan, versi Client yang terdahulu tidak akan menerima block yang dibuat oleh klien yang telah mendapat modifikasi atau diperbarui - ini karena rantai block yang terdahulu tidak valid.

Jika sebuah team developer crypto coin melakukan pembaruan sebuah client, hal ini Jelas tidak dapat menyatukan rantai blok ketika node menjalankan versi Client baru - Pada tahap ini membuat rantai blok akan terpisah kompatibel dengan Client atau perangkat lunak versi yang sebelumnya.

Apa yang harus dilakukan dengan Hardfork?


Seperti pemahaman di atas , ketika tim developer sebuah crypto coin mengumumkan mengenai Hardfork , artinya ada pembaruan terhadap perangkat lunak atau client. Apabila anda memiliki Wallet client dengan versi lama tentu yang harus anda lakukan adalah segera melakukan upgrade Cient ke versi yang terbaru , terlebih mendapat mandat dari tim developer. Jika hal itu tidak anda lakukan , potensi kehilangan coin akan terjadi - ini karena rantai block yang terdapat pada vesi sebelumnya tidak kompetibel dengan client yang telah diperbarui.

Nah demikian uraian singkat tentang istilah Hardfork pada crypto coin , yang dapat kami jelaskan. Jika ada yang kurang silahkan memberi masukan via form komentar dibawah. Salam Kripto! :)
Share on : Twitter | Facebook | Google +

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Advertisement

Powered by Blogger.

Blog Archive